Cara merawat Harddisk

Selamat sore pembaca, alhamdulillah bisa berkiprah (halah) di dunia blog lagi, setelah lebih dari 1 bulan full tidak dapat mengupdate blog tercinta ini, dikarenakan laptop saya mengalami kerusakan. Kerusakannya tidak tanggung-tanggung, langsung kena pada harddisknya (wow…critical hit banget menn…) seperti yang kita ketahui harddisk merupakan salah satu komponen laptop yang mahal dan kalau itu rusak yaaa alamak kita harus mengeluarkan kocek yang cukup dalam. Dari pengalaman saya sih hardisk sekarang yang 250 GB sekitar 650 ribuan, dan yang 500 GB sekitar 860 ribuan. Lumayan itu meeennn.,.,.uang ituuu..,.,kalo cuman sekedar daun g masalahh.,.,., 😦

Oleh karena itu kali ini saya ingin berbagi tips untuk para pembaca, cara untuk merawat harddisk supaya bisa tahan lama dan performanya tidak menurun jauh-jauh amat.

  1. Install lah sebuah antivirus yang berkekuatan super, sebagai proteksi jika sewaktu-waktu ada virus yang menyerang laptop anda. Dan jangan lupa, antivirus tersebut harus selalu up-to-date supaya dapat bekerja secara maksimal.
  2. Usahakan untuk selalu mem back-up  data-data yang penting, untuk jaga-jaga supaya jika nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  3. Selalu lakukan defragment harddisk minimal 2 minggu sekali, agar data-data yang berada di dalam harddisk selalu tersusun rapi.
  4. Aturlah konfigurasi sleep dan hibernasi pada sistem. Fungsi ini akan memperlambat putaran piringan harddisk, mengurangi kerja head, dan mengurangi pasokan daya listrik ke harddisk pada saat komputer dibiarkan menyala. Dengan begitu kita bisa mengurangi panas yang yang berlebihan pada harddisk.
  5. Hapus program Startup yang tidak perlu : setiap kali Anda menyalakan laptop Anda, banyak sekali program-program yang otomatis diaktifkan oleh laptop Anda. Untuk mengurangi beban kinerja startup laptop Anda, disini Anda tidak menghapus program-program dari laptop, tetapi hanya menonaktifkan program tersebut pada saat proses startup.
  6. Sisakanlah ruang kosong pada harddisk paling tidak 20 persen dari kapasitas total harddisk. Maksudnya supaya harddisk dikasih ruang napas.
  7. Uninstall software yang tidak terpakai karena semakin banyak software yang terinstall maka akan semakin memper-berat kinerja sebuah komputer.
  8. Apabila Anda terhubung dengan jaringan dan sharing file, maka berhati-hatilah dalam men-share folder penting. Usahakan untuk tidak men-share sebuah drive data atau system karena ini sangat berbahaya.

Ok para pembaca sekian dulu bahasan posting saya kali ini.,.,.,.,semoga bermanfaat.,.,.,oiya kalo ada yang punya saran atau info.,.monggo boleh di share  disini.,.,.,terima kasih,., 😀

Advertisements

10 thoughts on “Cara merawat Harddisk

  1. Wah sama saya juga laptop ada masalah motherboardnya , di acer centre 2,4 jt cuy wah kaga dah mendink lembiru tapi dokat segitukan sayang akhirnya di repatasi saja ternyata hanya ngeluarin kocek 480 ribeng eh baru 2 minggu di pake kabel dekstop konslet duh duit lagi dah

  2. tipsnya top banget deh mas….untuk selalu menjaga laptop/komputer kita sebelum rusaknya 🙂

  3. selamat ngeblog lagi ya 🙂

    aku kalau urusan komputer suamiku yg nangani, jadi sering nggak tahu apa apa, bisanya cuma makai 🙂

  4. Kalo akang belon pake harddisk soalnya flashdisk yang 4 GB aja masih jarang diisi he he tp kalaupun di isi pasti akang sisain 20% buat NAFAS koq he he he (biar nggak hipoksia ya????)

  5. Makasih infonya mas 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s