Hiccup = Cegukan

Alhamdulillah akhirnya bisa posting juga, setelah sekian lama berjuang menempuh kerasnya badai yang bernama UAS yang berlangsung selam dua minggu (kumat alaynya). Kali ini saya akan membahas suatu penyakit yang kemungkinan besar semua orang pernah mengalaminya. Penyakit tersbut adalah eng,.ing,.,eng,.,yups,.,dari judulnya pasti sudah tahu, penyakit tersbut adalah cegukan atau yang dalam bahasa jawanya Hiccup. Kebetulan kemarin saat ada konsolidasi untuk acara dikampus, saya lagi-lagi mengalami hal yang bagi saya sangant tidak menyenangkan ini. Saat itu entah kenapa saya ingat kata-kata emak saya, “neg awakmu cegukan nakk,,.,ngumbio banyu seng akeh” dalam bahasa indonesia “kalo kamu cegukan nakk, minumlah air yang banyak.”.,.,lalu setelah itu saya segera minta air milik teman saya, en den tak disangka-sangka Alhamdulillah sesuatu cegukan itu hilang.,.,wow amazing 😀

Tetapi setelah saya gugling di yahoo, terus dari yahoo saya search google, kemudian search “cegukan”,  ternyata cegukan itu disebabkan karena adanya kontraksi dari otot yang memisahkan rongga dada dan rongga perut, atau kerap disebut diafragma, secara tiba-tiba dan terjadi secara involunter (tidak disadari), selain itu ceguka juga disebabkan oleh gangguan pada organ-organ yang letaknya disekitar diafragma, seperti saat perut kita dalam kondisi teregang setelah makan yang berat-berat (bukan barbel) atau karena kebanyakan minum alkohol.

Cegukan dapat terjadi satu kali, atau dapat pula terjadi beberapa kali berupa rangkaian yang tak dapat dikendalikan. Cegukan seringkali berkembang dalam situasi tertentu, seperti makan terlalu cepat, minum air dingin sesaat setelah makan makanan panas atau sebaliknya, makan makanan yang sangat panas atau pedas, tertawa atau batuk terlalu keras, minum minuman beralkohol, merokok, stres, atau karena gangguan keseimbangan cairan dalam tubuh.
Meskipun jarang terjadi, cegukan dapat disebabkan karena tekanan pada saraf frenik oleh struktur anatomi tubuh yang lain, atau karena tumor dan penyakit ginjal lainnya. Di samping itu, cegukan juga dapat terjadi karena gangguan metabolik seperti pada penderita diabetes dan hipertensi. Juga karena gangguan elektrolit termasuk pengaruh obat-obatan seperti steroid atau obat tidur.
Dan dari penyebab-penyebab diatas ternyata cegukan juga bisa menjadi tanda-tanda penyakit yang serius seperti adanya radang di perut, penyakit di ginjal, masalah pada hati, tumor di batang otak, gejala stroke, adanya infeksi di susunan saraf pusat dan lain-lain. karena biasanya cegukan yang wajar, hanya terjadi beberapa saat dan kemudian hilang dan penyakit diatas diakibatkan oleh cegukan tersebut tidak berhenti sampe berbulan-bulan.,.,wiihh ndak isa mbayangin saya kalo cegukan tiap harii.,.,brrr.,.,
Cara mengatasi Cegukan.
  • Menahan napas, karena dengan menahan napas maka kadar karbon dioksida di dalam darah akan meningkat, sehingga akan menekan aktivitas saraf di otak yang bertanggung jawab atas terjadinya cegukan dan menyebabkan cegukan berhenti.
  • Bernapas di dalam kantong kertas, tarik dan buang napas di dalam kantong kertas tertutup selama kurang lebih satu menit. Hidung dan mulut masuk ke dalam kantong tersebut. Cara ini juga bertujuan untuk meningkatkan kadar CO2 dalam darah.
  • Menelan gula batu atau satu sendok gula mampu menghentikan cegukan hanya dalam beberapa menit. Gula dipercaya dapat merangsang saraf-saraf otot kita, terutama ketika otot diafragma mulai berkontraksi secara tidak teratur.
  • Pijat bagian belakang langit-langit dengan cotton bud, yang digerakkan secara perlahan ke depan dan ke belakang selama lebih kurang satu menit.
  • Tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut. Lakukan beberapa saat hingga cegukan hilang.
  • Minum air hangat atau dingin sedikit demi sedikit tapi sering.
  • Menguyah es batu,.,jgn sekali-sekali mengunyah es batu balok yang super besar.,.,ndak muat masuk mulut 😛
  • Telan air putih biasa dan tahan dalam mulut sebanyak-banyaknya. Jangan ditelan. Bungkukkan badan anda sedalam mungkin dengan perlahan dengan kaki tetap tegak lurus. Tahan sebentar, lalu tegaklah secara perlahan sambil menelan air yang ada dalam mulut tadi dan habis ketika anda sampai berdiri tegak.

    Yups,.,.,itulah sedikit info dari saya tentang cegukan semoga bermanfaat. Kalo ada yang punya saran lebih buat ngilangin cegukan monggo di share 😀

Advertisements

9 thoughts on “Hiccup = Cegukan

  1. Kunjungan balik, Gan.
    Biasanya saya kalo cegukan minum aja sampe kembung. Wkwkwkw…..

  2. Minum banyak air memang bikin cegukan hilang tetapi mengundang “beser”(kencing mulu) he he he

  3. kalau cegukan selain minum saya suka pukul pundak sendiri gan …. 😉
    salam kenal …

  4. pelajaranku iki don wkwkw

  5. Nahan nafas juga bisa ya Mas… Cara paling simpel nih…. Saya malah baru tau…Thanks buat tipsnya 🙂

  6. ada yang bilang kalo cegukan harus tahan napas… (mati donk) 😆

  7. biasanya memang minum segelas air langsung cegukannya hilang 😀

  8. biasanya suka cegukan karena kedinginan, jadi cukup minum air hangat juga udah sembuh saya 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s