Tips Merawat Baterai Lepi

Baterai Laptop merupakan sal satu komponen yang paling penting dari sebuah Laptop (Lepi), oleh karena itu sebagai user yang baik sudah seharusnya kita menjaga baterai Laptop kita dengan sebaik-baiknya. Dan dalam posting saya kali ini saya akan sedikit membahas tentang cara merawat Laptop, mungkin tips-tips dibawah ini sudah umum jadi mohon dimaklumi.

  1. Saat pertama kali kita membeli Laptop usahakan agar Laptop tersebut di-charge 8-10 jam, karena baterai yang tidak dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama lama, sebaiknya di charge terlebih dahulu sebelum digunakan.
  2. Pada saat menggunakan Laptop usahakan jangan diatas kasur atau bantal atau teman-temannya yang berbau empuk, karena baterai butuh sirkulasi udara yang baik, jika diletakkan ditemapt empuk seperti itu panas baterai Laptop akan “mulek-mulek” alias tidak akan bisa keluar. Usahakan jika terpaksa digunakan diatas barang empuk minimal berilah alas yang cukup tebal.
  3. Gunakan selalu Cooling-Pad supaya panas Laptop tidak terlalu “ALAY” alias berlebihan.
  4. Jika baterai tidak digunakan dalam kurung waktu yang cukup lama, simpanlah baterai ditempat yang sejuk jangan terkena sinar matahari secara langsung. Tetapi sebelum mencabut baterai, isi baterai hingga penuh dulu ya.,.,
  5. Usahakan Baterai Laptop tidak sampai mencapai 0 % alias “KOID” karena dampaknya sangat besar bagi laptop untuk kedepannya.
  6. Jangan sampai baterai Laptop terbentur ataupun jatuh. oiya baterai tidak boleh ditindih oleh benda berat karena hal itu akan menyebabkan baterai rentan konsleting dan menyebabkan overheating.
  7. WARNING,.,.,jangan sekali-sekali mencoba tindakan ini, baterai dicelupin ke air.,.,wadaw,.,.,tambah parah ini boozzz,.,kerusakan yang diterima oleh baterai malah sangat besar, sodara tw sendirikan semua peralatan elektronik jika kenak air bagaimana,.,.,coba bayangkan sendiri 🙂
  8. Jalau laptop sering di hidup-matikan, sebaiknya gunakan mode sleep saja. Karena tenaga yang diperlukan pada saat laptop menyala itu lebih kecil dibandingkan waktu pertama menyalakan laptop.
  9. Selalu gunakan baterai dan charger original. “ORIGINAL IS THE BEST”
  10. Gunakan power management pada control panel. Set brightness di bawah 50%, jangan pakai screen saver aneh-aneh, pakai blank karena paling irit power, set waktunya juga agar tidak telalu lama. Set juga power jadi max battery.
  11.  Jika menggunakan laptop tanpa baterai, usahakan tegangan listrik di rumah kita stabil. Caranya adalah dengan pakai stabilizer. kalau tidak ada stabilizer, sebaiknya baterai dipasang aja. Harga baterai tidak sebanding dengan kerusakan laptop! lebih baik lagi pakai UPS… jadi saat tiba-tiba listrik mati, laptop masih hidup dan kita masih sempat shutdown..
  12. Kalibrasi baterai laptop minimal sebulan sekali. Cara kalibrasi adalah pakai baterai laptop sampai kira-kira tersisa 10 – 15%, lalu charge sampe penuh. Hal ini akan menggerakkan seluruh sel-sel yang ada di dalam baterai, sehingga kondisinya selalu prima.
  13. Jika menggunakan baterai tanpa di-charger, usahakan jangan atau hindari bermain game, film, atau software-software yang berat.
  14. Ada satu software yang bagus buat njaga supaya  baterai Laptop kita lebih awet namanya BatteryCare,.,.,.,ini linknya silahkan download. FREE DOWNLOAD BATTERY CARE.

    Sekian dulu Tips ini semoga bermanfaat.,.,.,kalo ada yang punya tips lain monggo di share.,.terimakasih,.,. 😀

Advertisements

8 thoughts on “Tips Merawat Baterai Lepi

  1. Terima kasih atas tipsnya, kalau saya biasanya melepas baterai jika sedang digunakan.

  2. batre laptopku sekarang kayak nggak bisa diisi sampe penuh. kalo dicharge dia bunyi. tapi emang seringnya sih saya nggak pake batre.

  3. ,ga punya laptop? Gmana donk?hehe 😀

  4. Tengkyu tipsnya Mas bro, sangat bermanfaat. 🙂

  5. kalau batre sudah tidak bisa sampai 100% itu kenapa ya? bisa diatasi nggak?

  6. aq milih yang ini mas…
    hehe…

    Kalibrasi baterai laptop minimal sebulan sekali. Cara kalibrasi adalah pakai baterai laptop sampai kira-kira tersisa 10 – 15%, lalu charge sampe penuh. Hal ini akan menggerakkan seluruh sel-sel yang ada di dalam baterai, sehingga kondisinya selalu prima.

    mantap mantap… 😀

  7. don…. wkwkwkwk batraiku cum sanggup btahan 15 menit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s