Legenda Jack O’Lantern

Halloween merupakan event dimana para anak-anak diseluruh dunia merayakannya dengan cara menggunakan kostum monster atau iblis, mereka mengelilingi tiap rumah dan mengucapkan “Trick or treat!“. Ternyata dalam festival yang terkenal akan buah labu ada sebuah legenda tentang Jack O’Lantern.

Asal usulnya ada seorang yang bernama Jack yang dikaruniai bakat akan kepintarannya tetapi dibalik sikap pintarnya tersebut dia juga terkenal sebagai seorang yang pemalas. Dia menggunakan kepintarannya untuk menghindari pekerjaan yang diberikan oleh pemimpinnya. Untuk mendapatkan uang dengan mudah sehingga dia bisa minum-minum di pub dia mencari uang dengan berjudi yang itu merupakan hal yang paling dia kuasai. Semasa hidupnya dia tidak pernah mempunyai musuh maupun teman apalagi membantu orang disekitarnya.

Suatu ketika saat halloween, saat dimana tiba waktunnya Jack untuk mati, iblis datang menghampirinya. Pada saat itu Jack sedang bermalas-malasan di pub dan meminta untuk menyelesaikan minum birnya. Iblis pun menyetujui, dan Jack berpikir cepat ” Jika kau benar-benar punya kekuatan” katanya dengan licik “Kau bisa merubah dirimu menjadi sebuah shilling”

Iblis itupun kemudian menuruti kemauan Jack dan merubah dirinya menjadi sebuah shilling. Jack mengambil koin dan menggenggamnya erat-erat ditangannya, yang menanggung bekas luka yang berbentuk salip. Kekuatan salip membelenggu iblis disitu, karena semua orang tahu bahwa iblis tidak akan berdaya saat berhadapan dengan salip. Jack tidak akan melepaskan iblis tersebut sampai iblis tersebut memberikan tenggang waktu pada Jack untuk hidup 1 tahun lebih lama, lalu iblis itu meninggalkan Jack di pub.

Setahun kemudian, dihari halloween yang sama, Iblis mendatangi Jack namun Jack belum sempat untuk bertobat. Saat Iblis itu datang Jack tetap melakukan tawar-menawar dengan Sang Iblis, dan sekarang dia menantang iblis untuk bermain dadu dan akhirnya Jack pun berhasil memenangkan permainan tersebut. Kemudian Jack meminta waktu tambahan kepada si Iblis.

Tetapi suatu saat si Iblis mendatangi Jack tanpa memberitahu sebelumnya dan langsung mencabut nyawa Jack, saat Jack berada digerbang mutiara. St Petrus menggeleng sedih karena Jack tidak pernah menolong orang disekitarnya, lalu Jack berhadapan digerbang neraka, tetapi Satan menolak kehadirannya.

“Di mana saya bisa pergi?” teriak Jack. “Bagaimana saya bisa melihat dalam kegelapan?”

Iblis melemparkan lilina ke dalam labu kosong dan memerintahkan dia untuk berjalan selamanya dengan hanya labu untuk menerangi jalan-Nya. Dan itulah kenapa dia disebut “Jack o ‘Lantern itu.”  Kadang-kadang ia muncul di Halloween! Sekian cerita tentang Jack O’Lantern…Sumber :  ini !!! Trims… 😀 😀 😀 😀

Advertisements

One thought on “Legenda Jack O’Lantern

  1. yo ngono rek posting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s