Tugas Resume ASI Pertemuan 1 !!!!

Judul Tugas : Tugas Resume ASI Pertemuan 1 !!!!

Nama : Doni Fitrah Ajieb

NIM : 10410100125

Dosen : Didiet Anindita A

Kali ini saya akan posting tentang tugas dari mata kuliah saya di STIKOM Surabaya yaitu Analisa Sistem Informasi (ASI). Dalam posting ini ada beberapa hal yang akan saya bahas, materi tersebut adalah :

  • Transaction Processing Systems (TPS) : TPS merupakan suatu sistem informasi yang dikembangkan dengan tujuan untuk memproses data-data dengan jumlah yang sangat besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventaris. meskipun kebanyakan orang saat ini masih memasukkan data secara manual tetapi TPS memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan pihak eksternal dari sebuah organisasi. Transaction processing systems mencatat dan memproses data hasil dari transaksi bisnis, seperti penjualan, pembelian, dan perubahan persediaan/inventori. Transaction processing systems menghasilkan berbagai informasi produk untuk penggunaan internal maupun eksternal. Sebagai contoh, TPS membuat pernyataan konsumen, cek gaji karyawan, kuitansi penjualan, order pembelian, formulir pajak, dan rekening keuangan. Transaction processing systems (TPS) berkembang dari sistem informasi manual untuk sistem proses data dengan bantuan mesin menjadi sistem proses data elektronik (electronic data processing systems). Hasil informasi yang dapat dihasilkan oleh TPS berupa berbagai macam informasi produk untuk internal ataupun eksternal. Sumber dari sini !!!
  • Office Automation Systems (OAS) : OAS merupakan sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan demi meningkatkan produktifitas pekerjaan. Otomatisasi adalah penggunaan mesin untuk menjalankan tugas fisik yang biasa dilakukan oleh manusia, Sedangkan Otomatisasi kantor( office automation atau OA) adalah semua system elektronikformal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada dan dari orang yang beradadi dalam maupun diluar perusahaan. Tujuan yang dimiliki oleh OAS adalah untuk meningkatkan produktifitas sekretaris dan pegawai administratif karena dapat memproses lebih banyak dokumen secara lebih cepat dan lebih baik. Office automation system digunakan untuk mendapatkan semua informasi bagi yang membutuhkannya. Contoh Office automation dapat digunakan dalam word processing, elctronic message, work group computing, work group scheduling, facsimile processing, imaging and electronic documents, and work flow management. Office automation system dirancang baik untuk individu maupun kelompok. Sumber ada disini dan disini!!!
  • Knowledge Work Systems (KWS) : KWS merupakan aplikasi komputer yang dirancang untuk membantu “Knowledge Worker” untuk menangkap dan mengatur informasi pekerjaan aktivitas, dan untuk belajar, memprioritaskan , dan melaksanakan tugas-tugas mereka lebih efisien dan efektif. KWS mengintegrasikan metode dan teknologi dari disiplin ilmu manajemen informasi, alur kerja, penjadwalan kerja, agen perangkat lunak, dan pengukuran kerja menjadi Performance Support Environment.” Manfaat yang didapat dari KWS ini ialah meningkatkan produktivitas dengan memberikan informasi tugas spesifik yang diperlukan, dan dengan berasosiasi semua alat otomatis, agen perangkat lunak, dan referensi dokumen multimedia diperlukan untuk menyelesaikan tugas tertentu. Contoh KWS adalah CAD/CAM untuk membantu seorang insinyur dalam pembuatan gambar 3D Sumber ada dimari !!!
  • Management Information Systems (MIS) : MIS didefenisikan sebagai kumpulan dari manusia dan sumber-sumber daya di dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menhasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan management di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian. Atau, kumpulan dari sistem-sistem yang menyediakan informasi untuk mendukung manajemen. Tujuan dari MIS adalah bertanggung jawab atas ketersediaan dan keberlangsungan (availability and accessibility) dari setiap informasi, analisis, dan sistem untuk semua level manajemen, untuk bisnis tertentu dalam suatu perusahaan. MIS menyajikan informasi yang detail, rangkuman informasi dan informasi terpilih. MIS merupakan salah satu elemen manajemen yang dirasa penting oleh banyak perusahaan. Sumber didapat dari sini !!!
  • Decision Support System (DSS) : DSS merupakan salah satu produk perangkat lunak yang dikembangkan secara khusus untuk membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan (Indrajit 2001, p.179). Sesuai dengan namanya system ini digunakan untuk membantu para manager dalam pengambilan keputusan sebelum manager tersebut memutusakan untuk mengambil kebijakan tertentu. DSS biasanya terdiri dari bahasa query / SQL, kemampuan analisis secara statistik, spreadsheet, dan grafik-grafik untuk membantu pengambil keputusan didalam mengevaluasi keputusannya. Sumber berasal dari sini dan di sini !!!
  • Expert Systems (ES) : Expert system adalah program komputer yang dirancang untuk memiliki kemampuan menyelesaikan masalah seperti human expert. Manfaat dari penggunaan ES adalah dapat menyediakan pakar setiap waktu dan setiap saat, mampu bekerja secara otomatis, tugas-tugas rutin yang tidak bisa dikerjakan oleh pakar kini bisa dikerjakan, lebih cepat, murah, efisien dan handal dalam mengatasi masalah. Sumber dari sini.
  • Group Decision Support System (GDSS) : GDSS adalah system berdasarkan komputer yang interaktif yang memudahkan pemecahan atas masalah tak terstruktur oleh beberapa (set) pembuat keputusan yang bekerja sama sebagai suatu kelompok. GDSS meliputi hardware, software, orang, dan produser. Sifat yang penting dari suatu GDSS dapat disebutkan seperti berikut ini:
  • 1. GDSS adalah system yang dirancang secara khusus, bukan menyerupai konfigurasi dari komponen system yang sudah ada.
  • 2. GDSS dirancang dengan tujuan untuk mendukung kelompok pembuat keputusan dalam melakukan pekerjaan mereka.
  • 3. GDSS mudah dipelajari dan mudah digunakan.
  • 4. GDSS bisa bersifat “spesifik” (dirancang untuk satu jenis atau kelompok masalah) atau bias bersifat “umum” (dirancang untuk berbagai keputusan organisasional tingkat kelompok).
  • 5. GDSS berisi mekanisme built-in. Contoh dari GDSS digunakan pada pertemuan pengambilan keputusan atau kebijakan yang dilakukan melalui teleconference. ( Sumber Dari blog ini )
  • Executive Support Systems (ESS) : Executive Support System atau di sebut juga EIS (Executive Information System) adalah sistem berbasis komputer yang interaktif, yang memungkinkan pihak eksekutif untuk mengakses data dan informasi, sehingga dapat di lakukan pengidentifikasian masalah, pengeksplorasian solusi dan menjadi dasar dalam proses perencanaan yang sifatnya strategis.EIS (Executive Information System) mengintregsikan data yang berasal dari sumber data internal dan sumber data eksternal, kemudian melakukan transformasi data ke dalam bentuk rangkuman laporan yang berguna. Laporan ini biasanya digunakan oleh manajer dan level eksekutif untuk mengakses secara cepat laporan yang berasal dari seluruh perusahaan dan departemen, sehingga dapat diperoleh pengetahuan yang berguna bagi pihak eksekutif. Laporan ini digunakan untuk menemukan alternatif solusi untuk menekan permasalahan manajerial dan membuat perencanaan keputusan untuk perusahaan. (Sumber)

Demikian Resume saya kali ini,….semoga ada manfaatnya !!! Trims


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s