JuPe DaTang !!!

Kali ini saya akan membagi pengalaman saya saat TOT( Training Of Trainer) yang diadakan oleh STIKOM Surabaya di YYPI dan yang pastinya hal yang akan saya ceritakan ini ada hubungannya dengan arti kata JuPe DaTang….pertama akan saya jelaskan kepanjangan dari JuPe DaTang.

  • Ju = Jujur
  • Pe = Peduli
  • Da = Cerdas
  • Tang = Tangguh

Itu dia kepanjangan dari JuPe DaTang, jangan dibolak-balik karena sangat berbahaya (warning mode : kepencet ) 😀 😀 😀 😀 . Pengalaman yang akan saya ceritakan terjadi pada hari pertama saat kami datang ke YPPI, pada saat tersebut kami diberi tanggung jawab oleh para panitia penyelenggara TOT untuk menjaga balon yang berisi air, satu buah balon itu diberikan oleh dua kelompok, jadi kedua tim itu harus bekerja sama untuk menjaga bola air tersebut. Saat itu yang memilih bola air itu adalah teman saya Agenks, pada saat itu dia tidak melihat kondisi bola air yang telah dia pilih tapi dia sudah punya firasat bahwa ada kejanggalan dengan bola air tersebut.

Setelah itu agenks membawa bola air tersebut ke tempat peristirahatan kaum lelaki, bola tersebut dibungkus dengan handuk lalu dibungkus lali dengan plastik yang diharapkan bola tersebut tidak bergulir-gulir dan tidak pecah, namun saat shift untuk pergantian penjaga bola air itu tiba-tiba pecah, sontak kami termasuk saya kaget dan kebingungan harus melakukan apa…lalu kami memutuskan untuk memberitahu panitia, jadi kami langsung membawa bola air pecah tersebut menuju kak Cams, dan yang dikatakan kak Cams, ” Itu sudah resiko anda”. Dari kata2 itu kami memutuskan untuk tetap menjaga bola air tersebut sampai acara selesai. Jadi Inti dari permasalahan diatas adalah Kejujuran , seorang The Winner harus mempunyai hal tersebut bisa saja saat itu kami menyembunyikan bola tersebut dan tidak memberitahu panitia, tetapi kami disini tetap konsisten dengan moto JuPe DaTang.

Pengalaman kedua terjadi saat acara Menyonsong Fajar, saat itu rute yang kami lalui SUPER JAUH, naik turun gunung, menyebrangi sungai, melewati kampung dsb ( untung tidak melewati lembah..jadinya entar kayak Ninja Hatori 😀 ) disini kami dituntut untuk saling bekerjasama, dengan hanya dibekali obor dan dua buah senter kami harus saling memPedulikan teman kita yang ada dibelakang. Sangat melelahkan tapi hal itu dibayar dengan indah oleh Kepedulian antar tim (NP : The Winner Harus punya ini 😀 ).

Pengalaman ketiga terjadi saat Games Outbond, lebih tepatnya pada games Water Pipe, dalam games ini kami dituntut untuk bekerja sama tentunya untuk mengisi tabung yang dilubangi, tetapi kami juga harus dituntut untuk berpikir Cerdas, memikirkan cara untuk mengisi tabung yang berlubang tersebut.

Lalu poin terakhir yaitu Tangguh saya dapatkan pada games dan Menyongsong Fajar. Kalau dari games saya dapatkan dari games menerobos ketidakmungkinan, yaitu games yang memacu kita untuk dapat melewati rintangan yang terbuat dari besi yang berjejer sejajar dan diikat oleh tali rafia, bentuk lintasannya juga sangat tidak memungkinkan tubuh saya yang SUBUR ini untuk lewat, tetapi saya tetap optimis dalam menjalani tantangan ini dan Tangguh  dalam menghadapi tantangan ini dan hal itu memberikan hasil, akhirnya saya bisa lewat ( ooowwwww yyeeee 😀 ).

Jadi dari rangkaian pengalaman saya diatas, para KY atau Maba harus mempunyai Sifat JuPe DaTang, dan hal itu sangat penting jika dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sekian postingan saya semoga bermanfaat Terimakasih

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s